15 Alasan Kenapa Anak Harus Belajar Piano Sejak Dini

Belajar musik untuk anak sejak dini memperkuat hubungan antara daerah otak anak yang memiliki respons terhadap gerakan. Hubungan kuat ini akan terjadi jika Mom memperkenalkan alat musik berupa piano sebelum memasuki usia 7 tahun.

Belajar memainkan musik membutuhkan koordinasi antara tangan dan dengan rangsangan visual atau pendengaran. Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh anak itu sendiri ketika bermain piano. Manfaat belajar piano sendiri akan meningkatkan koneksi otak yang penting untuk peningkatan kinerja otak ke depannya terutama sangat berpengaruh untuk menyelesaikan tugas motorik non-musik ke depannya. Untuk Mom ketahui, sebenarnya ada banyak manfaat belajar piano untuk anak-anak. Terhitung ada 15 manfaat yang bisa Mom dapatkan ketika mengajak anak mengenal alat musik piano.

1. Mau Menerima Saran dan Kritik
Dengan bantuan dari guru musik yang baik, maka sebagian besar anak-anak akan dengan mudah mengintegrasikan kemampuan daya pikir dalam otaknya. Ini juga terkait dengan kemampuan para anak untuk menerima saran dan kritik yang membangun lebih baik dari anak seusianya. Bahkan kemampuan menerima kritiknya ini juga mampu membawa keterbukaan pikiran anak-anak untuk urusan lain, seperti sekolah dan kehidupan sehari-hari.

2. Kemampuan Menghadapi Tekanan
Keuntungan lainnya yang akan Mom dapatkan ketika mengikutsertakan anak Mom untuk belajar piano adalah kemampuan lebih untuk menghadapi tekanan. Ini tak lain karena di setiap latihannya anak-anak akan belajar tentang disiplin, dedikasi dan juga belajar untuk menetapkan tujuan. Sehingga anak-anak akan mampu membuat keputusan dalam keadaan yang tertekan, seperti demam panggung misalnya.

3. Belajar Menangani Keberhasilan dan Kegagalan
Di setiap proses pasti mengenal apa itu keberhasilan dan kegagalan. Dengan belajar piano, anak-anak usia dini akan lebih mengenal apa itu keberhasilan dan kegagalan, karena di dalam pelatihan piano ini anak-anak juga sudah mulai mengenal kompetisi dalam artian yang sesungguhnya, belajar bagaimana mempertahankan pandangan yang positif, dan bahkan dalam keadaan yang tak baik.

4. Melatih Kepercayaan Diri
Memainkan piano di depan teman-teman yang lain sangat baik untuk melatih kepercayaan diri dari anak-anak. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan untuk interaksi sosial nantinya. Kebanyakan anak-anak akan merasa tak percaya diri ketika bertemu teman barunya, bahkan untuk sekedar kenalan. Ini akan menjadi bekal yang lebih baik untuk kehidupannya kelak.

5. Meningkatkan Keterampilan Tangan
Bermain piano tentu sangat membutuhkan keterampilan tangan, di sinilah manfaat asli dari piano akan terlihat. Dengan memperkuat keterampilan jari pada anak-anak, Mom akan melihat keuntungan lainnya ketika anak-anak beranjak dewasa. Terlebih keterampilan tangan ini diajarkan dengan baik oleh guru yang profesional.

6. Meningkatkan Nilai Sekolah
Yang paling penting dari belajar piano di usia dini adalah memungkinkan anak-anak memiliki perkembangan kognitif yang lebih baik dari teman-teman mereka, terutama untuk kemampuan matematika. Dengan mengintegrasikan musik dan matematika melalui pelajaran piano, maka Mom dapat membantu anak-anak menjadi sukses di sekolah.

7. Melatih Kepekaan Pada Pendengaran (Aural Hearing)
Bermain piano sudah pasti akan dapat meningkatkan pikiran untuk mengenali nada, interval, dan akord, yang dapat membantu mempertajam pendengaran ke depannya.

8. Meningkatkan Konsentrasi
Mengenal nada membutuhkan konsentrasi yang lebih, di mana ilmu yang di dapat dari belajar piano ini juga dapat meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya di bidang musik, namun juga di bidang lain.

9. Melatih Koordinasi Mata Dan Tangan
Bermain piano memang membutuhkan konsentrasi antara mata dan tangan. Kemampuan yang diperoleh dari bermain piano ini juga sudah pasti akan tersalurkan untuk kegiatan lain di luar musik.

10. Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan
Ini juga penting untuk perkembangan anak, di mana di usia dini otak kiri dan otak kanan masih dalam pembentukan. Dengan bermain piano, akan memudahkan para anak-anak untuk lebih memaksimalkan kinerja otak kiri dan kanan.

11. Membangun Disiplin
Kedisiplinan dalam berlatih piano juga akan tertular pada kegiatan lainnya di luar latihan, seperti sekolah dan kehidupan bermasyarakat.

12. Mengurangi Stress
Musik merupakan salah satu cara untuk keluar dari rasa stres dan bermain musik terutama piano akan memberikan anak-anak pelampiasan stres yang positif.

13. Melatih Kelenturan Otot
Gerakan kedua tangan dalam bermain piano akan membantu untuk menguatkan sistem tangan untuk kegiatan lain non musik, seperti olahraga dan memainkan alat musik lainnya.

14. Membangun Daya Ingat
Kemampuan mengingat memang dibutuhkan di sini guna menghafal nada dan juga kunci note. Kemampuan mengingat ini nantinya juga akan sangat membantu ketika berada di sekolah.

15. Membangun Mood / Memberikan Ketenangan Emosional
Musik klasik yang dimainkan dengan piano juga dapat memberikan ketenangan bagi anak Mom sekalian dan mampu mengontrol emosi jika sering memainkan musik klasik.

Free Trial

AVILA Music School menyediakan kelas piano dengan team pengajar berpengalaman dan degree dari ABRSM institute. Daftar Free Trial class agar anak moms bisa belajar piano sekarang!

Register Free Trial

Subscribe Newsletter

Bergabunglah dengan newsletter untuk mendapatkan tips & artikel menarik mengenai musik dan parenting.

© AVILA Music School 2015.